05 May 2014

CONTOH – CONTOH ADMINSTRASI UJIAN NASIONAL

Contoh SK Panitia Ujian Nasional Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional membutuhkan perangkat administrasi yang cukup kompleks. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa contoh administrasi ujian nasional yang minimal harus kita siapkan. Perlu kami sampaikan bahwa yang kami sajikan ini hanya berupa contoh-contoh saja yang kami rangkum dalam berbagai sumber, oleh karena itu kepada para panitia diharapkan dapat menyesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

Berikut adalah contoh-contoh administrasi Ujian Nasional :
  1. POS UJIAN SEKOLAH
  2. SK Panitia Penyelenggara
  3. Berita Acara Penyerahan LJK
  4. Balnko Berita Acara
  5. Blanko Daftar Hadir dan Daftar Nilai US
  6. Surat Pernyataan (Fakta Integritas)
  7. Kartu MonitoringLabel Pintu (Dilarang Masuk)
  8. Kartu Peserta
  9. Spanduk Harap Tenang Ada Ujian
  10. Kartu Panitia
  11. SKHU Sementara
  12. Kartu Buku
  13. Kartu Buku Sudah Jadi
  14. Laporan Lengkap
Contoh-contoh tersebut sebagai bahan perbandingan saja sebab tidak ada format yang baku. Pihak panitia bisa menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing sekolah.
Semoga bermanfaat.

6 komentar

شــكرا كثيرا استاذ

Terimakasih pak Kahar, bisa menjadi refrensi untuk saya yang baru belajar jadi kepala sekolah di Lampung, Semangat pendidikan....

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.