07 November 2017

Inilah dia Daftar Linieritas bidang studi PPG Dalam Jabatan dengan Ijazah S1/DIV

AL-MAUDUDY.COM (7/11/2017) - Bapak ibu guru yang sudah mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan PPG Dalam Jabatan tahun 2018 (pendataannya tahun 2017), perlu mengetahui bahwa salah satu proses dalam pendataan calon peserta PPG Dalam Jabatan sesuai Surat Dirjen GTK No. 32110/B.B4/GT/2017 adalah Guru harus menetapkan bidang study linier yang akan diikuti dalam PPG. 


Ketentuan penetapan bidang study adalah linier dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV yang dimiliki. Linier yang dimaksud di sini adalah kesesuaian antara program studi pada ijazah S1/D4 dengan program studi PPG Dalam Jabatan. 

Selanjutnya untuk menindaklanjuti surat tersebut Dirjen GTK kembali menerbitkan surat bernomor 32022/B.B4/GT/2017 tentang Linieraitas Program Studi PPG Dalam Jabatan dengan Kualifikasi Akademik. Pada surat tersebut dijelaskan bahwa dalam proses pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan diperlukan daftar liniearitas antara kualifikasi akademik yang dimiliki guru dengan Program Studi PPG Dalam Jabatan yang akan diikuti oleh guru. Daftar tersebut digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk menentukan bidang studi pada PPG Dalam Jabatan. Untuk itu Dirjen GTK menerbitkan daftar liniearitas Program Studi PPG Dalam Jabatan dengan kualifikasi akademik S1/DIV.

Daftar liniearitas tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
Pertama Guru Mata Pelajaran Umum di TK/SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB (untuk guru yang linear dan serumpun). 
Linieritas bidang studi PPG Dalam Jabatan dengan Ijazah S1/DIV

Kedua Guru Mata Pelajaran Kejuruan (Produktif) di SMK/MAK (untuk guru yang linear dan serumpun) yang diangkat sejak 31 Desember 2005 sampai dengan 30 Desember 2015. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Menengah Nomor 7013/D/KP/2013 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
Linieritas bidang studi PPG Dalam Jabatan dengan Ijazah S1/DIV


Catatan :Untuk bidang kejuruan, linearitas bidang mapel dengan ijazah sertifikasi yang belum tercantum pada table tersebut akan diverifikasi lebih lanjut.

Selengkapnya dapat di download pada tautan di bawah ini:

15 komentar

sy guru kelas sd sudah 5 tahun,dan sy dapat undangan PPG,tetapi sy msh ragu dg linieritas jurusan sy,sy sendiri lulusan PAK,jd sy harus pilih jurusan apa ya pak di pendaftaran PPG sy agar linier?Terima Kasih

Dicoba saja, biasanya nanti kalau tidak linier akan ada pemberitahuan.

Sy guru TK, sy jg mendapat undangn ppg, sementara ijasah sy pgsd,dan pada kolom pendaftaran hrus sesuai ijasah supaya linier?? sementara sy ingin sekali mengikuti ppg sesuai dengan ijasah sya pak. Tolong masukannya pak. Terima kasih

Saya mengajar di SD dengan ijazah S1 PGSD tetapi di SD saya mengampu mapel bhs.inggris apakah bs mendaftar PPG? Mohon pencerahannya pak.
Terimakasih

Bisa... pilihan mapel PPG nya pakai guru kelas saja

Pak saya guru sd namun ijasah saya S1 ekonomi dan tidak linear.. apakah saya tidak bisa ujian? Atau ada solusinya pak.

Maaf Pak, sya guru kelas MI. Tp sya lulusan pend bhs inggris. Linear atau tdk? Terima kasih

Kalau di Kemdikbud Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tidak linier untuk guru kelas (SD), tetapi saya kurang tahu aturannya di Kemenag. Sebab MI dikelola oleh Kemenag.

pak, prodi PPG saya komputer dan informatika sesuai dengan ijazah. Tapi saya mengajar di SD Pak? Apakah bisa lanjut PPGnya atau tdk? Mohon sarannya. Tks

Permisi pak, Saya mengajar di SMK otomotif jurusan saya S1 teknik mesin murni bukan pendidikan. Apakah saya bisa ikut sertipikasi gih pak kedepan..? Trims

Saya sertifikasi mapel PKn di SMA tapi tidak cukup 24jam. Mapel apa yang linier dgn PKn? Mohon arahannya Pak!

Pa saya guru pns pai diangkat pemda ijasah saya jurusan bahasa dan sastra arab linear tuk sertifikasi gak. Klu nggak solusinya g mns

Sy jurusan PGSD mengajar di SLB, apakah linier Pak?

Pak,sy jurusan PGSD mengajar di SLB. Apakah linier Pak?

Ass
Sy lulusan Pend. Bahasa & Sastra Indonesia apakah linier mengampu gr kls MI? Apakah brbeda Prodi Pend.Bahasa Indonesia dg Pend. Bhasa h Sastra Indonesia?

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.