20 July 2019

Cara mengatasi NISN ganda dan NISN berbeda antara Ijazah dengan Dapodik

AL-MAUDUDY.COM NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah kode pengenal identitas peserta didik yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. NISN bersifat unik yang membedakan antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain di seluruh sekolah di Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri. 

Diterbitkannya NISN bertujuan untuk memberikan kode yang unik kepada semua peserta didik di seluruh satuan pendidikan di Indonesia dan satuan pendidikan Indonesia di luar negeri, agar data peserta didik dapat diadministrasikan secara baik, dan dapat dimanfaatkan sebagai master referensi untuk pembinaan peserta didik. 

NISN bersifat unik, dengan demikian maka seluruh peserta didik dapat terhitung pada setiap rombongan belajar (rombel), satuan pendidikan, wilayah, dan jenjang pendidikan.

Sebagai dampak otomatisasi penomoran NISN bagi seluruh peserta didik yang datanya masuk dalam aplikasi Dapodik tahun 2015, dimungkinkan akan terjadi :
  1. NISN ganda
  2. Ditemukannya perbedaan NISN peserta didik yang tertera di dalam ijazah dengan NISN yang ada di laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id
Hal tersebut dipertegas dengan keluarnya Surat Edaran No. 2194/I3.1/PR/2016 tentang penegasan pengelolaan data peserta didik kemdikbud tahun 2016.

Di lapangan kasus NISN ganda maupun NISN pada Dapodik yang berbeda dengan NISN pada Ijazah dasarnya sering muncul apabila operator sekolah ketika mengentri siswa baru tidak melalui tarik peserta didik secara online tetapi mengentri secara manual data peserta didik tersebut, terutama ketika dokumen Ijazah SD/MI nya belum terbit. Sehingga terkadang terbaca sebagai peserta didik yang berbeda dan ahirnya NISN nya pun berbeda.

Jika di sekolah anda ditemukan permasalahan NISN ganda atau NISN yang tertera di Ijazah berbeda, maka harus segera dilakukan pengajuan perbaikan NISN. Sebaiknya dilakukan sebelum pengambilan data peserta UN pada kelas terakhir agar nantinya tidak ada perbedaan NISN pada DNT dengan NISN pada ijazah dasarnya.

Pengajuan perbaikan NISN peserta didik Dikdasmen hanya dapat dilakukan oleh operator sekolah jenjang SMP, SMA/SMK melalui aplikasi verval PD. Adapun langkah-langkah dalam pengajuan perbaikan NISN adalah sebagai berikut:

Operator Sekolah :

  1. Jika terdapat siswa memiliki NISN ganda, pastikan kedua NISN tersebut milik siswa yang sama, dengan melakukan pengecekan di laman nisn.data.kemdikbud.go.id. Ajukan perbaikan NISN yang akan dipakai dengan melampirkan scan dokumen ijazah yang mencantumkan NISN tersebut melalui aplikasi verval PD menu edit data - pengajuan - NISN. Selanjutnya menunggu persetujuan dari PDSPK.
  2. Jika NISN peserta didik yang tertera di ijazah berbeda dan ternyata milik peserta didik lain maka operator sekolah melakukan pengecekan melalui laman nisn.data.kemdikbud.go.id. Pencarian dilakukan berdasarkan nama, tempat, tanggal lahir, dan ibu kandung. Operator sekolah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk membuat surat keterangan yang menyatakan bahwa NISN yang benar adalah NISN yang ada pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id

Operator Pusat (PDSPK)

Admin atau operator PDSPK melakukan pengecekan/pemeriksaan pengajuan perbaikan NISN yang diajukan oleh operator sekolah melalui aplikasi verval PD. Selain pengecekan dokumen yang dilampirkan, operator akan melakukan pengecekan terkait kepemilikan NISN di data arsip. Jika pengajuan perbaikan NISN disetujui, maka sistem secara otomatis meng-update NISN di verval PD dan di Dapodik.

Jadi jika NISN di Ijazah berbeda dengan NISN di dapodik maka, langkah yang harus dilakukan adalah :
  1. Pastikan NISN yang tercantum di ijazah valid atas nama siswa yang bersangkutan melalui laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Jika valid hubungi operator sekolah untuk mengajukan perubahan NISN melalui aplikasi vervalpd dengan melampirkan dokumen asli (Ijazah, Kartu NISN, Raport) yang bisa menunjukkan bahwa NISN tersebut memang telah digunakan oleh yang bersangkutan
Cara mengecek NISN :
  1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Siswa 
  3. Isi form yang tersedia. Terdapat dua form yaitu pencarian berdasarkan NISN dan pencarian berdasarkan Nama. Boleh pilih salah satu.
  4. Klik tombol cari.
Perhatikan gambar berikut ini :
Cara mengatasi NISN ganda dan NISN berbeda antara Ijazah dengan Dapodik
 

2 komentar

Pengajuan perbaikan nisn sering tidak di aprovl

Mungkin karena bukti pendukungnya kurang pas. Usahakan dokumen yang discan adalah dokumen yang asli bukan fotokopi

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.