27 October 2014

CARA DOWNLOAD NISN SISWA YANG SUDAH TAMAT

Belum meratanya diterima informasi tentang verval peserta didik untuk keperluan penerbitan NISN ternyata menimbulkan banyak masalah, diantaranya  ‘gagal paham’. Jauh-jauh hari sebelum siswa kelas akhir (kelas 6 dan 9) tamat, sudah disosialisaikan baik melalui bimtek maupun media sosial akan pentingnya verval pd. Akan tetapi seperti yang sudah diungkap di atas bahwa akses informasi tidak merata karena tidak semua OPS eksis pada media sosial. Kalaupun aktif di media sosial kadang-kadang timbul pemahaman yang belum pas atau yang lebih dikenal di kalangan OPS dengan “gagal paham”. Demikian juga jadwal bimtek dari pihak PDSP belum menyentuh ke semua daerah di Indonesia.

Beberapa masalah yang timbul akibat gagal paham ini,diantaranya adalah OPS terlanjur mengeluarkan siswa yang sudah tamat pada aplikasi dapodik sebelum melakukan kegiatan verval pd sehingga siswa tersebut belum (tidak diketahui) memiliki NISN. Tentu saja OPS menjadi kelabakan  ketika pada blanko Ijazah mulai tahun ini NISN harus diisi. Itu artinya setiap siswa memiliki NISN adalah suatu keharusan.

Akhirnya pihak PDSP menjanjikan bahwa siswa yang sudah tamat tersebut akan dimunculkan kembali pada verval pd agar bisa diverval. Akan tetapi jarang yang mengetahui pada menu yang mana siswa sudah tamat tersebut diletakkan. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan cara untuk melihat dan menyimpan data siswa yang sudah tamat tersebut pada verval pd.

Setelah ketemu maka akan kelihatan apakah siswa yang bersangkutan sudah memiliki NISN karena sudah diverval oleh sekolah tempatnya melanjutkan atau belum. Jika sudah memiliki NISN maka tinggal dikutip NISN nya untuk dapat ditulis di ijazah. Jika belum maka yang bertugas melakukan verval adalah sekolah tempatnya melanjutkan.

Cara melihat data siswa yang sudah tamat pada aplikasi verval pd adalah sebagai berikut :

  1. Login di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id (di sini kami tidak akan membahas mengenai masalah tidak bisa login atau bagaimana caranya login)
  2. Pilih Tab Edit data >> Pengajuan >> Nama & Tanggal Lahir >> Klik tombol pilih siswaMenu edit data
  3. Pada kolom Tingkat baris pertama (lihat gambar berikut) ketik angka 0 dan enter. Tunggu proses sehingga yang muncul adalah semua siswa yang berada pada tingkat(kelas) 0.

data NISN siswa yang sudah tamat

Siswa tingkat 0 menunjukkan bahwa siswa tersebut sudah tamat.

Selanjutnya untuk menyimpan data tersebut agar bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan bisa di baca pada http://al-maududy.blogspot.com/2014/06/cara-menyimpan-nisn-hasil-verval-pd-ke.html

Semoga bermanfaat…Salam satu data..!

3 komentar

ini sangat memudahkan bagi administrasi sekolah
makasih ya

kenapa gak ada data ny, kosong. ada cara lain gak

Jika datanya tidak ada berarti data tersebut sudah diluluskan. Jalan satu-satunya adalah berkoordinasi dengan sekolah temat siswa tersebut meanjutkan. Atau bisa dicek secara manual (satu persatu) pada laman nisn.data.kemdikbud.go,id

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.