31 October 2017

Absen Online susah diakses... tidak perlu panik, ini penjelasan Bp. Nazaruddin

AL-MAUDUDY.COM (31/10/2017) - Akhir bulan seperti ini banyak OPS, Kepala Sekolah atau orang yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah berniat mencentang daftar Absen online karena keesokan harinya bulan sudah berganti, artinya bulan ini tidak akan bisa diedit lagi. Tetapi ketika mengakses laman Absen Online (hadir.gtk.kemdikbud.go.id) yang ditemukan malahan tulisan "Under Maintenance." Tentunya kita jadi panik kan ... ?
Absen Online susah diakses... tidak perlu panik, ini penjelasan Bp. Nazaruddin
Bagaimana tidak panik sebab hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap pembayaran tunjangan profesi guru. Jika lewat bulan bersangkutan, maka tidak bisa diedit di bulan berikutnya. Itu artinya jika ada guru yang tidak dicentang kehadirannya pada bulan tertentu maka dia dianggap tidak masuk pada bulan tersebut. Jika lebih dari 3 hari terbaca tidak hadir, maka tunjangan sertifikasinya tidak bisa dibayarkan pada bulan tersebut. 

Sesuai dengan Juknis Pembayaran Tunjangan Profesi guru, bahwa salah satu syarat tunjangannya bisa dibayarkan adalah dapat memenuhi beban mengajar minimal 24 jam selama seminggu. Itu artinya guru tidak boleh absen (tidak hadir) mengajar tanpa alasan lebih dari 3 hari dalam bulan bersangkutan, hatta karena sakit sekalipun, sehingga sempat berkembang opini yang cukup ekstrim bahwa "guru tidak boleh sakit". Guru hanya boleh izin jika sedang mengikuti kegiatan PKB. Dalam juknis Pembayaran TPG tahun 2015 disebutkan "bagi guru yang mengikuti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan pola pendidikan dan latihan (diklat) paling banyak 100 jam (14 hari kalender) dalam bulan yang sama dan mendapat izin/persetujuan dari Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya, tunjangan profesinya tetap dibayarkan. Lebih lanjut disebutkan bahwa Selama liburan berdasarkan kalender akademik, guru tetap memperoleh tunjangan profesi.

Kehadiran guru dalam rangka memenuhi persyaratan pembayaran sertifikasi sebelumnya diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan sejak tahun pelajaran 2017/2018 Ditjen GTK Kemdikbud merilis SIM Kehadiran guru yang terintegrasi dengan dapodik. SIM Kehadiran GTK yang dapat diakses melalaui laman hadir.gtk.kemdikbud.go.id dan beberapa link alternatif ini mulai dipublish sejak awal Agustus 2017. 

Absen online ini merupakan tugas dan wewenang Kepala Sekolah, adapun jika kepala sekolah dapat enunjuk seseorang untuk melaksanakan dengan memberikan user id dan password untuk login ke SIM Daftar Hadir GTK.

Tidak mesti tiap hari kita mencentang Daftar hadir GTK online, bisa saja kita lakukan sekali seminggu atau sekali sebulan di akhir bulan asal jangan lewat bulan yang bersangkutan, misalnya absen bulan Oktober hanya bisa dilakukan/diedit pada bulan Oktober, jika kita edit setelah lewat bulannya misalnya pada bulan November, maka hasil perubahan yang kita lakukan tidak bisa disimpan.

Hanya saja karena merupakan aplikasi baru yang diluncurkan oleh Ditjen GTK, maka kondisinya belum fix betul. Servernya juga belum 100% berjalan maksimal. Oleh karena itu kondisi susah diakses, sering maintenance merupakan keseharian yang sering membuat operator yang mengaksesnya sering panik. Ditambah lagi belum adanya instruksi resmi serta panduan resmi yang dikeluarkan, menyebabkan banyak pihak sekolah yang masih mengabaikannya.

Akan tetapi tidak perlu panik yang berlebihan, sebab hal ini sudah dimaklumi oleh tim pengembang. Seperti penjelasan Bp. Nazaruddin ketika menanggapi keluhan operator pada media sosisal facebook (31/10/2017) yang mengatakan "Seneng jika dhgtk lancar tanpa ada notif mainten". Bp. Nazarudin menanggapi "iya... sama.. servernya belum optimal,... lakukan selagi bisa saja... nanti dibuka semua bulan bisa centang."
Absen Online susah diakses... tidak perlu panik, ini penjelasan Bp. Nazaruddin

Dari pernyataan itu bisa kita pahami bahwa memang pihak pengembang dalam hal ini Ditjen GTK menyadari betul bahwa kondisi server SIM Kehadiran GTK belum optimal kerjanya. Oleh karena disarankan mengerjakannya selagi bisa, artinya selagi aplikasi tersebut lancar di diakses. Jika susah diakses atau dalam kondisi perawatan/perbaikan/maintenance jangan dipaksakan. 

Bagaimana jika sampai lewat akhir bulan masih tidak bisa diakses ? Tidak perlu panik karena Bp Nazarudin sudah memberikan sinyal bahwa nantinya semua bulan akan dibuka sehingga memberikan kesempatan bagi sekolah yang terlambat mencentang atau tidak pernah sama sekali mencentang untuk mencentang bulan-bulan yang belum diedit. (*)

22 komentar

berita yang selalu ditunggu-tungu oleh semua OPS nih pak,,,Terima kasih

Semoga OPS yang belum sempat absen online bisa bernafas sedikit lega

Terimakasih banyak pak, saya termasuk OPS yg sangat perhatian dgn dapodik sehingga tdk memperhatikan yg lain (DHGTK dan sejenisnya) ..hehehe...

g terlalu panik jadinya pak, memang DHGTK ini bikin puyeng...makasi infonya pak...

info yg sangat bermanfaat sekali pak. jadi tidak perlu panik, kayak dikejar2 rentenir lagi. heheheh

Alhamdulillah Kepanikan Berkurang!!!

Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
melalui jaringan website.

ditunggu kunjungannya di blog saya :

http://softkini.blogspot.co.id

semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
mengalir dalam dunia ini. Terima Kasih

Absen Online TA. 2017/2018 benar-benar susah loginnya padahal pake WIFI, Modem dll sudah dicoba, tolong diperbaharui lagi biar mudah loginnya, jd ada beban kepada kami sebagai operator jika absen online tdk terceklis, padahal kami sudah berusaha buat masuk siang dan malam, terim kasih

SD saya termasuk sekolah yang teletak di wilayah terpencil sehingga konelsi sinyal internet nya lemah maka DHGTK ini cukup membuat kerepotan

smpn5 Kota Jayapura-Papua siap mendukung kebijakan pemerintah, asalkan yang terbaik bagi dunia pendidikan dan bukan membuat resah dan menambah pekerjaan operator sekolah....salam satu data.

untuk absen sy udah terlanjur pake loginapodik ketika akan login pake akun kepsek kok user dan pasword tidak ditemukan padahal udah syncron 3 hr lalu apa penyebabnya

sekolah sy sudah terlanjur login dhgtk pake login dapodik ketika akan buka lagi pake login kepsek kok ga bisa kenapa ya soalnya ga bisa cetak DHGTK

ini Informasi yg penting supaya Opt sekolah bisa menyampaikan kepada Guru - guru di sekolah masing2 Thanks

askum.....mohon solusi... saya terlanjur mengunci DHGTK dalam bulan maret....padahal masih ad 4 hari efektif yg belum saya centang...(hal ini disebabkan saya panik server sering troubel)...bagaimana langkah saya agar bisa mengedit absensi di bulan tst... atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

askum.....mohon solusi... saya terlanjur mengunci DHGTK dalam bulan maret....padahal masih ad 4 hari efektif yg belum saya centang...(hal ini disebabkan saya panik server sering troubel)...bagaimana langkah saya agar bisa mengedit absensi di bulan tst... atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

SUDAH BERUALNG KALI MENGISI KALENDER LIBUR SEKOLAH NAMUN GAGAL TERUS ... KETERANNGAN SERHASIL DISIMPAN NAMUN PADA TANGGALNYA TIDAK BERUBAH ,,, MOHON PENJELANSANNYA

Alhamdulillah sedikitnya kepanikan berkurang.............

Sama sy juga gitu kasusnya. Ufh ada solusi blm?

app ga bisa kebuka....knp?

Assalamulaikum Pak saya Ops SD dari kapupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, mengenai DHGTK Versi 1 itu bbrp hri kondisi maintenance pk? dn yg ingin sy konsultasikan. bgni pk. sya sdh mengisi DHGTK dr bulan maret th. 2018. sampai oktober ini di DHGTK Versi 1. tetapi ktika saya mau mencetak SPTJM memalui login email kepsek itu sllu respon DHGTK nya email kpsek salah pk. pdhl itu sdh sma dg dapodik. dan per oktober saya coba cetak sptjm melalui DHGTK Versi 2 serverny tdk bsa dbuka sdg maintenance trus. sementara bahan untuk TPG sdh diminta olh dins. jd apa yg hrs ops lkukan pk. atau ada solusiny dg cetak sptjm yg login dg email kepla sekolah di DHGTK versi1 yg responny slh email trs pk ?

Sukur ada info seperti ini... Saya sampai hari ini mulai dari tanggal 30 Samapi 7 November belum bisa akses masuk simpatika

alhamdulillah ya allah . terimakasih pak

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.